What?
1. Proses untuk menentukan metode pembelajaran apa yang paling baik dilaksanakan agar timbul perubahan pengetahuan dan keterampilan pada diri pembelajar ke arah yang dikehendaki (Reigeluth).
2. Praktik penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik. proses ini berisi penentuan status awal dari pemahaman peserta didik, perumusan tujuan pembelajaran, dan merancang “perlakuan” berbasis-media untuk membantu terjadinya transisi (wikipedia).
3. Bahwa belajar itu ada berbagai cara. Bisa dari membaca buku, praktik langsung, mengikuti seminar, atau melihat dari video-video pakarnya. Desain pembelajaran itu cara kita mau pakai cara yang seperti apa, disesuaikan dengan tipe diri kita sendiri (diskusi whatsapp IIP Karawang).
Why?
■Mempermudah pembelajaran sehingga belajar menjadi menyenangkan
■ Tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai target / goal
■Mencapai solusi terbaik dalam memecahkan masalah dengan menggunakan sejumlah informasi
How?
Saya senang dengan metode yang tidak njelimet tapi bisa dilaksanakan dan tidak terlalu terpaku teori (pusing juga buka-buka teori @_@).
Maka, desain pembelajaran yang gue banget adalah:
"Mendidik anak dengan sabar dan bersenang-senang"
■ Analisa Pembelajaran:
~~Saya senang pembelajaran dengan membaca, apabila membaca buku harus dalam keadaan tenang agar mudah memahami (kecuali artikel, saya lebih mudah memahami meskipun ditempat ramai atau disambi pekerjaan, dengan catatan membacanya diulang-ulang, tidak cukup sekali).
~~Berdasarkan sharing pengalaman. Saya juga senang belajar berdasarkan pengalaman orang lain. Bisa melalui orang tua yang saya anggap kaya pengalaman atau dengan teman / komunitas.
~~Belajar dari kesalahan (termasuk beberapa kesalahan pola asuh orang tua saya). Pada dasarnya manusia tidak mau mengulang kesalahan untuk kedua kali. Untuk saya saat ini misal: anak suka makan kerupuk tapi setiap makan kerupuk berlebihan menyebabkan radang tenggorokan dan dilanjut demam. Itu sebuah catatan merah bahwa "tidak boleh makan kerupuk".
■ Kelebihan dan Kekurangan
◆Kelebihan:■ Strategi, Metode, Media, Material
》Mau dan giat belajar
》Selalu berusaha untuk bisa
》Tekun
◆Kekurangan:
》Marah
》Sering salah fokus saat membuka gadget, tujuan utama belajar malah membuka socmed instagram rumahnya orang-orang, alasannya: refreshing
◆Strategi:
》Memperoleh materi melalui: internet, buku, artikel, pengalaman orang, diskusi, dan sumber lain
》Learning by doing
◆Metode:
》Mengikuti seminar parenting
》Mengikuti kuliah online
》Montessori
◆Media:
》Buku-buku
》Gadget: Social media , diskusi group
◆Material:
》Benda-benda yang ada di sekitar kehidupan kita
■ Menyusun jadwal belajar
Harian:
》Membaca buku/ artikel di socmed tentang parenting minimal 1jam/hari disaat anak-anak tidur
Mingguan:
》Kuliah / diskusi whatsapp
》Montessori
Bulanan:
》Seminar parenting (tidak harus setiap bulan, kalau pas ada)
■ Evaluasi
Evaluasi bisa dilakukan dengan menggunakan checklist nhw#2 atau minta bantuan suami pantau dari perubahan sikap saya.
◆Bahan evaluasi:
Dokumentasi dan pantau tiap tumbuh kembang anak (dokumentasi bisa disimpan di socmed atau file pribadi di gadget, kalau sempat bisa di afdruk) atau bisa juga dicatat di blog pribadi "emakmenulis"
Referensi:
■ http://www.mediabelajar.info/2013/06/model-model-desain-pembelajaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar