Selasa, 27 Agustus 2024

Resume Hasil Pertemuan Walisantri dan Pengelolah PaudQu

Resume Hasil Pertemuan Walisantri dan Pengelolah PaudQu

Senin, 26 Agustus 2024

Pukul 08.30-10.00wib


Penjabaran dari pihak pengelolah PaudQu

๐Ÿ“škegiatan belajar mengajar (KBM)

1. Jadwal Kegiatan belajar mengajar  didalam kelas sudah dirinci per hari ( jadwal terlampir )

2. Metode belajar tahfidz Alquran  di PaudQu menggunakan metode Al Khumasi ( tabel metode terlampir )

3. Metode tahsin Alquran menggunakan metode ummi dimana metode ummi menekankan untuk setiap santri benar dalam pelafadzan secara mandiri sehingga ketika santri belum benar dalam pelafadzan akan terus dilakukan perulangan bacaan. 


Jadwal pelajaran PaudQu


Metode Al Khumasi


๐Ÿฅ‡Pembagian level A dan level B

1. Santri yang pertama kali masuk ke PaudQu akan ditempatkan ke level A berapapun usia santri. Karena setiap santri harus mengikuti alur pembelajaran di PaudQu.

2. Bagaimana jika santri hanya setahun belajar di PaudQu? Santri tersebut akan di ikutkan dalam kegiatan wisuda akhir tahun dengan catatan santri sudah berusia 6+ sesuai aturan dari diknas untuk memperoleh ijazah TK dan melanjutkan belajar di SD 

3. Apakah kegiatan calistung diajarkan di level A? Diajarkan dengan catatan santri akan melanjutkan ke jenjang SD. Masa pengajaran di enam bulan kedua masa belajar santri ( semester dua ).

4. Apakah santri level B diajarkan calistung? Santri level B diajarkan calistung menggunakan buku abacaga sesuai jadwal harian belajar siswa (terlampir).

5. Bagaimana jika santri hanya sekolah satu tahun di PaudQu? PaudQu akan meluluskan santri sesuai alur kelulusan namun jika berumur dibawah 6 tahun tidak diwisuda.


๐ŸŽช Tentang kegiatan ekstrakurikuler 

1. Level A berkuda memanah dan eduwisata. Kegiatan ini merupakan program intern dari PaudQu

2. Level B manasik haji dan outbond merupakan program yang menginduk ke diknas dimana program ini diikuti oleh sekolah lain diluar PaudQu. 


๐Ÿ“ Pertanyaan dari walisantri

1. Di level A ada santri PaudQu yang hafalannya sudah selesai bagaimana statusnya dalam belajar di kelas?   Bagi santri yang mengulang belajar lebih dari dua tahun maka status belajar di kelas adalah murojaah hafalan baik hafalan Alquran haditz maupun doa.

2. Apakah PaudQu membuka Kelas tambahan bagi santri yang ingin menambah jam hafalan dan calistung disekolah?   PaudQu membuka kelas tambahan diluar jadwal sekolah per kelas dua santri dipegang satu ustadzah. Untuk jadwal dan info resminya akan dishare di grup kelas masing-masing.

3. Bagaimana kebijakan sekolah tentang dokumentasi belajar santri setiap harinya?   PaudQu sudah membuat jadwal untuk setiap ustadzah menyetorkan dokumentasi belajar santri setiap pekan digrup hanya saja mungkin secara personal ustadzah ada yang belum dishare ke grup kelas.

4. Adakah target dalam membaca ummi setiap harinya?  Bukan target perhalaman tapi target nya dilihat dari kemampuan membaca santri secara mandiri, jika pelafadzan nya sudah benar maka santri bisa lanjut ke halaman berikutnya. Karena dalam metode ummi jika kesalahan membaca sampai 4× maka dianggap belum bisa melanjutkan bacaan ke halaman berikutnya. Namun untuk santri paud diberi keringanan dengan tetap melanjutkan namun nanti akan di lakukan review kembali ke halaman sebelumnya.

5. Bagaimana jika santri saat tasmi' lupa hafalannya, apakah akan diulang atau dianggap tidak lulus tasmi'?   Bagi santri yang hafalannya belum sempurna akan diberi catatan oleh ustadzah dan bisa tetap melanjutkan hafalan ke surat berikutnya. Nantinya saat tasmi' berikutnya santri akan mereview kembali bacaan surat yang masih belum sempurna.

6. Tujuan dari santri tampil dalam kegiatan kajian dua pekanan untuk apa?   Melatih percaya diri santri dan melatih kemampuan menghafal agar lebih baik. 

7. Terkait sarana dan prasarana dikelas, kenapa lantai tidak dialas matras / playmate?    Sudah disediakan oleh pihak sekolah tetapi santri dikelas lebih memilih melantai karena lebih nyaman. Pihak sekolah akan mencoba menggunakan kembali untuk mencegah santri yang tidak kuat dingin diruangan ber AC.


Pesan dari usatdzah Annissa

1. Para orang tua terus berdoa untuk anak anaknya. Dan terus memotivasi agar senantiasa dekat dan semangat menghafal dan membaca Alquran 

2. Doakan juga para guru disekolah agar senantiasa bisa Istiqomah dalam mendidik putra putrinya dengan kesabaran dan keikhlasan karena mendidik anak usia dini berbeda dengan mendidik anak SD butuh effort yang berlebih.

3. Penilaian keberhasilan santri bukan hanya dilihat dari bisa tidaknya membaca dan menghafal Alquran tetapi dari akhlaknya juga, bagaimana santri mampu bersosialisasi dengan baik terhadap lingkungan di kelas dan di sekolah

4. Sekolah mengadakan konsultasi per-tiga bulan sekali disetiap kelas. Tujuannya untuk menyampaikan hasil dari belajar santri dan sekaligus walisantri bisa menyampaikan masukan dan usulan terkait kegiatan belajar disekolah.(Jadwal terlampir)

5. Jika ada walisantri yang mengetahui ada lomba tahfidz, mewarna, dll yang bisa mengikutsertakan santri PaudQu silakan bisa disampaikan ke ustadzah untuk ditindak lanjuti.


๐Ÿ“ Masukan untuk sekolah 

1. Dokumentasi kegiatan siswa dimasukan dalam Google Drive sehingga bisa diakses oleh walisantri.

2. Dibuat jadwal untuk kelas yang akan tampil pada kajian dua pekanan

3. Ustadzah update info berkaitan dengan perubahan jam KBM kepada walisantri

4. Dibuat pengumuman berkaitan dengan les tambahan dan biayanya.

5. Reminder di grup kelas jika ada informasi seputar kegiatan Khalifah seperti kajian dan pertemuan wali santri 


Demikian resume untuk pertemuan pada pagi hari ini semoga bisa menjawab beberapa pertanyaan yang sudah disampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Renungan untuk Guru Rumah

Renungan untuk Guru Rumah Pemaparan Dari Miss Rina Mari kita mengenal para Ummahatul mukminin 1. Asiyah istri Firaun 2. Khadijah Binti Khuwa...