Ini ada cuplikan CV kokoh yang low profile banget, padahal beliau punya beberapa usaha dimana salah satu yang fenomenal adalah Nasi Goreng Chef Cun Cun
Nama : Yohanes Anastasia
☘2007 Lulus SMA
☘2007 sd 2009 Kerja serabutan
☘2009 sd 2018 Kerja di Perusahaan
☘Untuk usaha/dagang merupakan sampingan dan sudah dilakukan sejak 2007 dengan berbagai macam usaha yg sudah dicoba.
TRICK MARKETING
Author: Yohanes Anastasia
Marketing merupakan ujung tombak dari sebuah usaha, good marketing, good business. Seorang pelaku usaha dituntut untuk mampu menguasai marketing usahanya. Di era modern ini, marketing online sudah dan mumpuni untuk kita coba. Sebagai contoh kita bermain di media sosial Facebook saja yg notabene menjadi media terpopuler dan yg kita pakai.
A. Trick Marketing Online (Facebook)
Facebook memakai sistem yg hampir sama dengan Google, yakni Search Engine Optimazion (SEO). Prinsipnya semakin tinggi SEO kita, semakin naik popularitas kita. Popularitas inilah yg kita pakai untuk marketing.
Bagaimana caranya supaya SEO kita naik?
Kembali ke prinsip dasar Facebook yakni interaksi sosial. Orang yg jarang bahkan tidak pernah berinteraksi sosial jangan harap memiliki SEO yg tinggi, jangan harap marketingnya goal. Selain itu ada beberapa aspek penunjang lainnya seperti cara penulisan postingan promosi yg baik dan benar, foto produk yg menarik, dll. Semua ada caranya, namun yg lebih penting adalah tingkatkan SEO nya terlebih dahulu, yg lainnya gampang nyusul sering berjalannya waktu sambil belajar juga tentunya. 😊
B. Trick Marketing Offline
Selain marketing online, marketing offline-pun tidak kalah pentingnya, apalagi bagi usaha yg ngelapak seperti Nasi Goreng CUN CUN. Fokus utama untuk marketing offline adalah TESTIMONI, tentunya dari mulut ke mulut. Good Testimoni, Good Business. Buatlah konsumen untuk memberikan testimoni yg baik, caranya dengan memberikan yg terbaik yg kita miliki kepada konsumen. Sebagai contoh di usaha saya Nasi Goreng CUN CUN diwajibkan untuk mempertahankan kualitas rasa pada masakan dan kualitas pada pelayanan karena kedua hal itu yg menjadi modal di usaha kuliner.
Selanjutnya masih banyak lagi, di antaranya. Penempatan posisi lapak yg baik, warna spanduk juga berpengaruh, saya pilih warna merah karena merah adalah warna yg menjadi fokus utama mata manusia. Penerangan juga perlu diperhatikan, dll.
Masih banyak lagi sich sebenarnya, untuk selebihnya nanti kita bahas di Talk Show session ya. Cukup sekian dari saya, mohon maaf bukan untuk menggurui, namun hanya berbagi pengalaman saja sesuai dengan pengalaman yg telah saya lalui. 😊🙏
Terima kasih
Yohanes Anastasia
Yang masih penasaran profilnya boleh ceki2 FBnya di https://www.facebook.com/yohanes.anastasia
Nama : Yohanes
TTL : Majalengka, 15 November 1989
Agama : Islam
Alamat : Tanjungmekar, Karawang Barat.
Pendidikan : SMA
Status : Kawin
Riwayat : PT. SRO (Lab. Kimia) 9 tahun
Pertanyaan 1:
*Resti*
Saya pernah liat d fb kang yohanes. Soal blusukan ke desa mencari pemuda yg membutuhkan pekerjaan, dan ditempatkan di nasi goreng chun chun dan menjadi chef..
Apa pertimbangan nya?? Knp harus blusukan dan bukan lng mencari yg sudah chef?? Hatur nuhun.
▪︎ Jawaban:
Koreksi sedikit bukan dijadikan Chef, tapi helper. Sama-sama karyawan sich, hanya yg tidak memiliki background Chef saya tempatkan di helper dulu, jika dia bisa dan bertahan bisa lanjut jadi Chef.
Kenapa pilih mereka, karena kasihan, mereka pendidikan rendah, (maaf) miskin, dan akan sulit untuk kerja. Jadi lebih baik saya berdayakan mereka. 😊
Pertanyaan 2:
*Rini*
1. Mengapa usaha kulinernya yang dipilih nasi goreng? Kenapa nggak yang lain misal bakso, somay, dll
2. Bagaimana cara mengatasi biar ga rugi / BEP, jika penjualan sedang mengalami penurunan?
Itu saja koh, tp sebenarnya banyak yang masih ditanyakan...
makasih atas jawabannya
▪︎ Jawaban:
1. Sebenarnya ini bukan ide usaha saya, tapi Chef Cun Cun. Dia ahli dalam memasak, dia mau belajar usaha, cocok dengan saya. Dia mengajukan untuk bergerak di SEA FOOD, olahan masakan laut. Saya tolak karena saya hitung modalnya lumayan. Akhirnya dia mikir lagi, ketemulah nasi goreng, simple dan tidak memerlukan modal yg besar seperti sea food.
2. Untung rugi dalam usaha adalah hal yg biasa. Pernah saya menulis artikel yg berjudul MODAL USAHA YG UTAMA ADALAH "HARUS SIAP BANGKRUT" 😁 ya, karena mentalnya dulu yg harus kita kejar.
Bagaimana supaya tidak rugi saat penjualan menurun? Kebetulan bulan puasa ini penjualan saya menurun hampir 30%. Ya mau gimana lagi, sudah begini keadaannya, saya pasrah. Namun saya punya tabungan keuntungan bulan-bulan sebelumnya. Nah, anggap saja keuntungan bulan-bulan lalu sebagai pengganti keuntungan yg kecil di bulan ini atau yg biasa kita kenal dengan subsidi silang.
Boleh kalau mau lanjut bertanya di Next moment bisa japri. Aku terbuka untuk siapa saja selama aku bisa dan yg pernah aku alami. 😊😊😊
》Tanggapan:
Wahh.. Jadi penasaran sama sosok Chef Cun Cun ini, Ketemu dimana sih, ko?
▪︎ Jawaban:
Adik kandung saya sendiri. 😁 Cuma beda jurusan, dia di bidang masak, saya di bidang kimia. 😁
Pertanyaan 3:
*Asia*
Bagaimana cara meningkatkan SEO kita di FB? Apakah ada aplikasi yg bisa mengatur otomatis postingan kita di FB meski kita lg ga online?
▪︎ Jawaban:
Ada aplikasinya, tapi terlalu beresiko dan itu adalah tindakan PECUNDANG. Ciri orang yg pakai aplikasi curang ini, komentarnya banyak banget bisa mencapai 500an, Like nya juga bisa banyak banget, dan setiap komentar di postingan dia itu aneh-aneh, tidak nyambut, biasanya seperti (Hadir, Salam, Selamat Pagi, Hai, Berkunjung, dll) Pokoknya tidak nyambung dengan poatingannya.
Saya tidak memakannya. 😊
Bagaimana cara meningkatkan SEO FB? Back to fungsional. Kembali ke fungsi awal FB itu sendiri, yakni INTERAKSI SOSIAL.
CARANYA:
Sering Like status teman, sering ngobrol di status teman, dll. Ya berinteraksi sosial aja.
Bisa di Tes, bangun tidur kalian buka FB lalu Like status Mba Hevy, setelah itu Refresh FB kalian, maka yg muncul di beranda kebanyakan adalah status mba Hevy. Itu baru LIKE saja belum komen, dan sebaliknya jika kita LIKE status Mba Hevy, maka saat kita bikin postingan (update status) maka status kita akan ada dibarisan atas di beranda Mba Hevy, itu baru satu orang, coba kalau 10 orang, 30 orang, 50 orang dst.
Search Engine Optimazion (SEO) 😊
Bersiko yg saya maksud, akun FB kita bisa dikuasai oleh aplikasi tersebut. (phishing)
》Tanggapan:
Baru ngeh saya ada aplikasi tambah like di FB. Klo IG mungkin bertebaran ya... tp yg organik atau buah jempol sendiri lebih legit hasilnya 🤭
▪︎ Jawaban:
Hihii... Saran saya sich copot aja aplikasinya. 😁
Soalnya akun kita nge-link ke sana, khawatir disalahgunakan.
》Hatur nuhun kokoh penjelasannya. Jujur sy jg blm pernah pake aplikasi otomatis posting baik di FB maupun IG, baru tau aja dr diswap lain yg pernah diikuti. Lg penjajakan mengingat kebutuhan hrs aktif online tp anak ga rela bundanya pegang HP. Dan ternyata ada resiko phising spt itu.
Pertanyaan 4:
*Miyuki*
Kokoh yang baik hatinya. Mohon bagi Tips sukses membangun Jaringan keagenan. Apa saja yang harus dilakukan? Bagaimana caranya agar konsumen terus terusan retain?
Regards, Miyuki yang paling pendiam.
▪︎ Jawaban:
Dulu saya pernah usaha di bidang jaringan. Untuk membangun sebuah jaringan tentunya kita harus menguasai produk yg kita jual ini apa. Kita harus udah hapal bener. Nah saat presentasi ke calon agen kan jadi mudah. Intinya kuasai produk secara total. Setelah membentuk sistem jaringan kita rawat dengan cara jalin komunikasi yg baik, kayak room WA gini juga termasuk komunikasi. Saling bantu penjualan setiap agen, intinya anggap agen-agen ini keluarga saja, dia sukses, kita sukses, seperti itu saja. 😊
Cara konsumen untuk repeat order? Pertahakan kualitas, dan sering diajak ngobrol saja konsumennya, jadi mereka akan selalu ingat sama kita. Seperti saya suka iseng mampir ke status konsumen saya, selain untuk meningkatkan SEO, juga supaya konsumen inget terus sama kita dan disaat konsumen butuh produk kita yg ad dipikirannya adalah nama kita (Hypnoselling) 😊
Pertanyaan 5:
*Juju*
Penempatan posisi lapak yg baik itu yg ky gmn?
▪︎ Jawaban:
LAPAK YA!
Jika di pinggir jalan raya, usahakan pilih kiri jalan, karena orang yg berkendara lebih respect lihat ke kiri. Kenapa Cun Cun Kertabumi koq kanan jalan? Karena gk kebagian lapak yg kiri jalannya. 😁
View dari arus konsumen jangan sampai ada yg menghalangi, jadi dari kejauhan lapak kita sudah terlihat.
Kasih tanda, misal spanduk, banner, atau apa saja yg menjadi fokus orang yg lewat. Saran saya pakai yg warna merah ngejreng. Itu warna yg menjadi fokus utama mata.
Lampu juga perlu diperhatikan, bila perlu pakai lampu disko, tahu kan lampu disko, pokoknya bikin nyentrik aja biar jadi fokus orang yg lewat.
Jangan sampai lapak kita tidak terlihat oleh konsumen lantas kita menyalahkan JURIG 😁 akhirnya jadi suudzon mengangap ada yg menutupi lapak kita secara gaib. 🤭 Jangan sampai seperti itu ya, semua bisa kita atur secara akal sehat dan kemajuan teknologi.
Mungkin segitu saja penjelasannya.
Jangan lupa bikin yg nyentrik di lapaknya biar jadi fokus utama orang yg lewat.
Terima kasih
😊😊😊🙏🙏🙏🙏
___________________
Saya siap saja mau ada sesion 2, 3 atau 4 juga hihii... Selama saya tahu dan pernah saya alami akan saya berikan kepada teman-teman dan semoga dapat bermanfaat.
Terima kasih buat Mba Miyuki dan Mba Hevy yg sudah menarik saya ke program ini.
Terima kasih teman-teman semuanya mohon maaf bila ada salah-salah kata.
Aku juga pamit ya, sampai jumpa teman-teman, semoga usaha/pekerjaan kita semua diberkahi oleh Allah SWT. Aamiin.
__________________
Aihh.. Baiklah kalo begitu kita tutup saja kulwhap kita malam hari ini.. Terima kasih atas partisipasi temen-temen semuanya.
Selamat malam, selamat beristirahat dan semoga makin sukses bisnisnya..
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar